Sabtu, 20 Agustus 2011

Hallelujah : Tentang Kesetiaan


Kali ini saya mau merenung tentang makna kesetiaan , khususnya menyangkut keteguhan untuk memelihara keutuhan rumah tangga. Isu ini menarik untuk diangkat mengingat kecenderungan tingginya angka perceraian di Indonesia sebagaimana nampak dari  DATA INI dan  INI.

Ada banyak faktor yang penjadi penyebab hancurnya mahligai rumah tangga, salah satunya adalah hadirnya orang ketiga.  Lirik lagu Hallelujah  (ciptaan penyanyi Kanada Leonard Cohen  dirilis tahun 1984) dengan pas menggambarkan godaan atau cobaan terbesar yang dihadapi dalam  menjaga keutuhan keluarga tersebut.   Melihat sepintas dari judulnya orang akan mengira ini lagu rohani Kristen. Meskipun mengambil judul istilah religius , lagu ini tidak menyanyikan tentang puja puji bagi Tuhan melainkan bicara seputar hubungan percintaan antara laki dan perempuan, pengkhianatan, perselingkuhan dan perzinahan. Jadi meskipun warna musiknya merupakan gabungan waltz dan gospel (lagu gereja) lagu ini lebih sebagai lagu cinta ketimbang lagu rohani.

Hallelujah biasa diucapkan di kalangan umat Nasrani yang berarti Puji Tuhan – Praise Yah sesuai dengan asal katanya bahasa Ibrani - hallelu dan Yah (dari YHWH). Hallelujah mempunyai makna yang sama dengan bahasa Arab Alhamdulillah – segala puji bagi Allah …All praise is due to Allah (Wikipedia).

Inilah lirik Hallelujah selengkapnya :

I've heard there was a secret chord
That David played and it pleased the Lord
But you don't really care for music, do you?
It goes like this: the fourth, the fifth
The minor fall, the major lift
The baffled king composing Hallelujah

Hallelujah, Hallelujah
Hallelujah, Hallelujah

Your faith was strong but you needed proof
You saw her bathing on the roof
Her beauty and the moonlight overthrew you
She tied you to a kitchen chair
She broke your throne, she cut your hair
And from your lips she drew the Hallelujah

Hallelujah, Hallelujah
Hallelujah, Hallelujah

Maybe I've been here before
I know this room, I've walked this floor
I used to live alone before I knew you
I've seen your flag on the marble arch
Love is not a victory march
It's a cold and it's a broken Hallelujah

Hallelujah, Hallelujah
Hallelujah, Hallelujah

There was a time you let me know
What's real and going on below
But now you never show it to me, do you?
And remember when I moved in you
The holy dark was moving too
And every breath we drew was Hallelujah

Hallelujah, Hallelujah
Hallelujah, Hallelujah

Maybe there's a god above
And all I ever learned from love
Was how to shoot at someone who outdrew you
It's not a cry you can hear at night
It's not somebody who's seen the light
It's a cold and it's a broken Hallelujah

Hallelujah, Hallelujah
Hallelujah, Hallelujah
Istilah Hallelujah dalam lagu ini untuk menyatakan bahwa rasa dan hubungan cinta antara laki dan perempuan merupakan suatu anugrah Tuhan yang indah dan agung,  namun kalau rasa dan relasi cinta itu tidak dipelihara bisa berubah menjadi suatu yang menyakitkan yang pada akhirnya bisa berkembang menghancurkan hidup manusia … cinta bukan parade kemenangan …cinta yang dikhianati bisa berubah  menjadi hubungan yang dingin …penuh kebencian …it’s a broken hallelujah.
Love is not a victory march
It's a cold and it's a broken Hallelujah
Ada ayat dalam Injil yang biasa dikutip dalam undangan pernikahan umat Nasrani yang intinya menyatakan …apa yang sudah dipersatukan oleh Tuhan hendaknya tidak dipisahkan oleh manusia.  Ikatan cinta antara laki dan perempuan adalah ikatan suci yang diikrarkan di depan altar dipimpin oleh pendeta atau pastor sebagai wakil Tuhan.  Pernikahan adalah relasi yang dijalin atas nama Tuhan dan untuk keagungan Tuhan. Ini berarti pernikahan adalah ikatan yang harus dipelihara dan dipertahankan seumur hidup.  Pernikahan adalah suatu bentuk dari ungkapan Hallelujah …demi nama Tuhan.
Namun untuk mempertahankan ikatan suci pernikahan adalah perjuangan yang tidak mudah bagi manusia…terlebih di jaman sekarang ini. Berapa banyak dari laki dan perempuan yang telah terikat tali pernikahan yang mampu mempertahankan keutuhan cintanya, Tidak pernah dipikirannya terlintas sedikit pun bayangan orang lain di tengah ikatan cintanya. Setia sepenuhnya…tidak pernah ada ketertarikan sedikitpun pada siapa pun selain istri atau suaminya.
Your faith was strong but you needed proof
You saw her bathing on the roof
Her beauty and the moonlight overthrew you
She tied you to a kitchen chair
She broke your throne, she cut your hair
And from your lips she drew the Hallelujah
Salah satu bait lirik lagu Hallelujah di atas menyatakan seseorang bisa saja mengaku mempunyai iman yang kuat , tapi itu perlu diuji …perlu dibuktikan.  Daud atau David saja kalah dalam memerangi nafsunya. Raja Daud terjebak dalam perzinahan karena tergoda Betseba istri prajuritnya Uria saat dia melalui balkon istananya melihat perempuan itu mandi. Kecantikan dan kemolekan tubuh Betseba membuat Daud melupakan imannya. Lupa akan Tuhannya…it’s a broken hallelujah.  Demikian pula Samson akhirnya dikalahkan musuhnya setelah rahasia kekuatannya yang terletak pada rambutnya yang tidak boleh dipotong itu diketahui musuh melalui kekasihnya Delilah.  Ternyata kekuatan dan kekuasaan laki-laki terkadang dengan mudah  takhluk  oleh  daya tarik  wanita, persis seperti bunyi lirik lagu Sabda Alamnya Ismail Marzuki .... namun adakala pria tak berdaya tekuk lutut di sudut kerling wanita.  
Memang benar  pernyataan bahwa perang terbesar itu adalah perang manusia menaklukkan hawa nafsunya.
Karena itu , menurut saya, laki-laki yang hebat adalah laki-laki yang bisa memegang janjinya  mempertahankan komitmennya untuk setia pada istrinya yang juga setia. Lebih hebat lagi kalau laki-laki itu adalah laki-laki yang berkuasa seperti Raja Daud. Berkuasa tanpa tergoda tahta, cinta dan wanita. Kalau laki-laki bisa menakhlukkan perang melawan nafsunya sendiri, saya kira dia akan bisa menghadapi peperangan melawan apa pun, termasuk melawan godaan kekuasaan terhebat di Indonesia…perang melawan korupsi.
Gambar : David and Bathseba - Wolfgang Krodel (www.lessing.photo.com)



 Untuk lirik lagu versi lengkapnya bisa dengarkan video INI

55 komentar:

  1. dimana bisa dapat partitiur SATB nya min?

    BalasHapus
  2. dimana bisa dapat partitiur SATB nya min?

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak Saudaraku.

    BalasHapus
  4. Terima kasih kunjungannya. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terima kasih kunjungannya. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  6. bagi yang menginginkan notasi SATBnya bisa menghubungi saya di 081226167566 tapi masih dalam format not balok

    BalasHapus
  7. Lagu ini jika dibawakan di hari pemberkatan saat persembahan pujian boleh ga ya?

    BalasHapus
  8. Bisa search youtube Father Ray Kelli menyanyikan lagu ini ketika di memberkati pernikahan di greja tetapi dengan sedikit gubahan dalam liriknya. Silahkan teman2 bisa coba tonton. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada lagu broken hallelujah yg mengisahkan perjuangan Daud dgn Batsyeba, mending nyanyi lagu Kasih dari surga, Kasih pasti lemah lembut dll lagu2 rohani. Krn lagu yg ditulis diatas bukanlah lagu rohani. Jgn kita tertipu oleh tulisan "Hallelujah" tp tdk tahu maknanya.🙏

      Hapus
  9. Bisa search youtube Father Ray Kelli menyanyikan lagu ini ketika di memberkati pernikahan di greja tetapi dengan sedikit gubahan dalam liriknya. Silahkan teman2 bisa coba tonton. Thanks

    BalasHapus
  10. Kalau tidak salah, di Rusia di ajang semacam ajang menyanyi gitu, mereka bawakan dalam bahasa Rusia dan ada yg Arab juga. Terus il Divo juga menyanyikan entah dalam bahasa apa. Kalau mau nyari liriknya gmn min?

    BalasHapus
  11. Kalau tidak salah, di Rusia di ajang semacam ajang menyanyi gitu, mereka bawakan dalam bahasa Rusia dan ada yg Arab juga. Terus il Divo juga menyanyikan entah dalam bahasa apa. Kalau mau nyari liriknya gmn min?

    BalasHapus
  12. Saya ga bisa berhenti nonton & dengerin video anak2 ini bawain lagunya dalam 3 bahasa.
    Rusia, Inggris, Arab.
    Silahkan coba download di youtube

    https://m.youtube.com/watch?v=-HvKpp17aZo

    BalasHapus
  13. lagu sindiran atau ejekan kepada Daud yang telah menjadikan Betsyeba menjadi istrinya.
    Leonard Norman Cohen, CC (lahir di Montreal, Quebec, Kanada, 21 September 1934; umur 81 tahun) adalah seorang penyair, novelis, dan penyanyi-pengarang lagu Kanada. KARIER MUSIKNYA PADA UMUMNYA DIBAYANG-BAYANGI OLEH KARYANYA SEBELUMNYA SEBAGAI SEORANG PENYAIR DAN NOVELIS, meskipun ia masih SECARA SPORADIS TETAP MENERBITKAN PUISINYA SETELAH IA BERHASIL MENEMBUS INDUSTRI MUSIK
    Lagu-lagu Cohen seringkali berat secara emosi dan liriknya pun kompleks yang disebabkan oleh permainan kata puisi yang metaforis daripada aturan-aturan penulisan lagu yang lazim. Karyanya seringkali menjelajahi tema-tema AGAMA, KETERASINGAN, SEKS, dan HUBUNGAN ANTAR PRIBADI YANG RUWET.
    Pada 2001, setelah LIMA TAHUN MENGASINGKAN DIRI SEBAGAI SEORANG BHIKKU BUDDHIS ZEN di Pusat Zen Mount Baldy, Cohen kembali ke musik dengan Ten New Songs, yang menampilkan pengaruh yang mendalam dari produsen dan ko-komponisnya Sharon Robinson. Dengan album ini, Cohen membuang cara pandang yang relatif ekstrovert, terlibat dan bahkan optimistik dari The Future (satu-satunya lagu yang politis dalam “The Land of Plenty” meninggalkan perintah yang keras untuk doa yang penuh harapan namun tanpa daya) untuk meratap dan mencoba menerima berbagai kehilangan yang dialaminya secara pribadi: mendekatnya maut dan hilangnya cinta, hal yang romantis, dan bahkan yang ilahi. Gaya musik Ten New Songs' yang utuh (yang barangkali absen dari album Cohen sejak Recent Songs) banyak dipengaruhi oleh keterlibatan Robinson. Meskipun bukan album Cohen yang paling getir, ia dapat dikelompokkan sebagai albumnya yang paling melankolik.
    Pada 1994, setelah sebuah tur untuk mempromisikan The Future, Cohen melakukan retret ke Pusat Zen Gunung Baldy dekat Los Angeles, dan memulai masa pengasingan yang kemudian berlangsung selama lima tahun di pusat itu. Pada 1996, COHEN DITAHBISKAN SEBAGAI SEORANG BIARAWAN BUDDHIS ZEN RINZAI dan mengambil nama DHARMA JIKAN, yang berarti 'dia yang membungkam'. Ia meninggalkan Gunung Baldy pada 1999
    Dia hanya seorang PENYAIR YANG TIDAK JELAS KEPERCAYAANNYA KEPADA TUHAN dan PENCIPTA LAGU YANG PENUH NAFSU, bagaimana mungkin dia menciptakan lagu yang diilhamkan oleh Roh Allah sehingga memiliki urapan!? Tidak berbeda dengan isi hati dan otaknya, demikian juga yang tertuang di dalam lagu "Halelujah" ini.
    Lagu yang hanya mengumbar nafsu dan kejatuhan seorang Daud dengan Batsyeba, maupun Simson dengan Delila. Sekali lagi saya tekankan, TIDAK ADA UNSUR KEROHANIANNYA SAMA SEKALI DI DALAMNYA! TIDAK ADA UNSUR MENGAGUNGKAN NAMA TUHAN SELAYAKNYA SEBUAH PUJIAN PENYEMBAHAN. Tetapi lebih mirip sebuah kuburan yang dilabur putih, yang membutakan banyak orang dan melihatnya sebagai sesuatu yang bersifat rohani, padahal duniawi. Yang membutakan mata rohani banyak orang yang tanpa disadari oleh mereka menjadi orang-orang bodoh yang turut menyanyikannya. Padahal lagu tsb sama sekali tidak membawa roh dari orang yang menyanyikannya masuk ke dalam hadirat Allah. Lagu ini hanya bermain di level jiwa manusia, dan sama sekali tidak bergerak di tingkat roh.
    Apa bedanya lagu ini dengan lagu-lagu romantis duniawi yang sanggup membuat orang-orang meneteskan air mata jika dinyanyikan sepenuh hati. Ya, hanya sebatas itu, tapi tidak sanggup menaikkan level roh seseorang masuk ke dalam ruang maha kudus Allah melalui penyembahan. Bahkan seandainya saja roh mereka peka, maka roh mereka justru akan merasa jijik dengan lirik dalam lagu tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. stop judging..roh siapa yang jijik ? Bahkan Tuhan tidak pernah jijik pada siapapun

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya amat sangat setuju dengan Charliston Panjaitan. Tapi sebenarnya lagu tersebut masih bisa dijadikan sbg lagu pujian. Caranya? Tinggal ganti saja lirik lagu tersebut dengan lirik yang lebih pantas. Seperti yang ada di video berikut :
      https://m.youtube.com/watch?v=Q7C2MKoBL7Q

      Lagunya berbahasa Rusia, tapi ada fitur teks subtitlenya. Kemudian pilih bahasa Inggris, dan akan kita temukan lirik (yang sama sekali berbeda dengan versi aslinya) yang lebih pantas untuk jadi lagu pujian. Salam damai Kristus.

      Hapus
    4. nada dan irama lagu ini tidak bisa disangkal sangat indah...tapi akan menjadi lebih indah jika disertaidengan lyric yg bisa memperkuat sisi religy kita.. jd sebaiknya gubah dulu lyricnya bila akan dipakai dlm ritualgerejawi,, shg tdkmenjadi batu sandungan...

      Hapus
    5. https://youtu.be/86BMPTlfoJY
      Pakai lirik bahasa Batak saja saudara. Ini temanku yg buatkan.

      Hapus
    6. walaupun gak rohani, coba jadikan dia dalam bahasa rohani

      Hapus
    7. Saya setuju dengan Charliston.. awalnya saya pikir ini lagu rohani, namun setelah membaca lirik dan mencari tahu, saya akhirnya paham bahwa ini sama sekali bukan lagu rohani, tak ada makna kerohanian akan lagu ini, sebaliknya ini melecehkan Tuhan Allah dengan lirik Hallelujah,, yang artinya memuji Allah, namun memuji atas sesuatu yang zinah dan di luar perintah-Nya.. Ini memang terdengar menyedihkan dan sekaligus menyesatkan bagi setiap kita yang telah terbawa emosi lagu ini..

      Hapus
    8. Saudara Etty Santoso, anda tidak mengerti roh siapa yang jijik?
      yang jijik adalah roh manusia yang benar benar bersekutu dengan Tuhan, jika anda sangat suka lagunya, silahkan saja, tidak ada yang melarang
      tapi bukan karena lagunya enak dan ada haleluya nya bukan berarti lagu tersebut lagu rohani

      Hapus
    9. saudari gena panjaitan, karena akar lagunya adalah lagu sindiran, maka tidak pantas diubah menjadi lagu rohani

      Hapus
    10. Sebelum baca artikel ini saya juga mengatakan kepada paduan suaraku di gereja, kata2 di lagu Hallelujah Cohen ini benar-benar melecehkan Tuhan.

      Hapus
  14. Yups..., Tuhan Yesus Memberkati mu, Amin.

    BalasHapus
  15. Saya setuju dengan carliston panjaitan.

    BalasHapus
  16. saya seorang penyembah dan pemusik..dan ijinkan saya untuk menanggapi komentar parliston panjaitan...saya berterima kasih atas resume anda tentang Leonard..dan justru penjelasan anda membuat saya sangat yakin bahwa Leonard adalah seorang rohaniawan yang luar biasa, memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan, why ? Dia seorang God's Seeker sejati. Saya sering menyaksikan banyak orang yang dijamah Tuhan lebih luar biasa, karena memahami betapa lemah dan berdosanya dia, dibandingkan dengan worshiper yang kelihatan begitu kudus, tapi jangankan didalam rohnya, sehari2 aja masih suka menghakimi, ngomongin dan lirik2. Kuburan yang dilabur putih bukanlah lagu Hallelujah ini,,kenapa..karena justru dilagukan, dibongkar aibnya..kalo kuburan ya masih keliatan putih dan tidak dibongkar...King David dan Samson bukanlah kuburan..karena mereka jelas2 ditulis dalam alkitab dosa dan kebusukannya..saya justru sangat setuju dengan pemilik blog ini...mengapa kekristenan berbeda dengan agama lain ? Kekristenan bukan bicara mengenai usaha manusia untuk kudus, tapi tentang Kasih Allah yang begitu besar, yang bahkan mengorbankan anakNya demi manusia, bahkan saat manusia masih dalam keadaan tidak sadar dan berdosa. Broken Hallelujah bukan berarti tidak diterima Tuhan, ada ayatnya, hati yang hancur, dan remuk tidak pernah Tuhan pandang hina...lagu ini yang dinyanyikan versi Korea, dengan bakcground sebuah salib biru dan saya tidak tahu penyanyi sekaligus pianis yang cantik menyanyi dengan sangat indah dan menangis...saya rasa..lagu ini telah menyentuh dan membuat banyak orang bertobat dan menyadari dosanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri saat menyanyikan lagu ini,,yang ada dalam pikiran dan roh saya adalah betapa besar dosa saya..bila anda pernah merasa begitu berdosa dihadapan Tuhan, hancur, bahkan tak tergambarkan..hanya bisa mengatakan mirip David dan Goliat..saking malunya dihadapan Tuhan..tapi anda tetap ingin berkata Hallelujah, meskipun anda sendiri bahkan sulit menyebutnya Hallelujah atau great hallelujah..just a broken Hallelujah, seperti 2 peser koin janda miskin, seperti kepala pelacur yang dibawa kehadapa Tuhan.....kira2 apa respon Tuhan ? Inilah yang disebut pelanggaran besar ada karunia yang dirasa besar...hanya org yang pernah merasa hancur hati yang bisa mempersembahkannya...org yang sombong dan suka menghakimi..tak akan pernah tahu kedalaman dan masuk dalam dimensi ini

      Hapus
    2. Benar kata mbak ini,semua tergantung dari niat seseorang,biarlah Tuhan yg menilai dan melihat hati seseorang,meskipun lagu Rohani yg sdh terkenal sekalipun kita nyanyikan tp tidak dgn hati yg benar-benar kpd Tuhan,itu sama saja menabur benih di semak belukar,tp jika kita bernyanyi dgn hati yg hancur serta mata rohani tertuju kpd Tuhan semata walau cuma lagu hemmm..hemmmm...sampai akhir lagu,nggk perlu orang tau tp hanya Tuhan lah yg tau,kehancuran manusia adalah krn keserakahan,kesombongan serta kemunafikan manusia itu sendiri..salam kasih dalam nama Yesus Kristus..amin..JBU!

      Hapus
    3. Mbak Etty Santoso... tolong renungkan kembali.. ini bukan lagu rohani... perhatikan saja satu kalimat di lagu ini yg mana menyatakan keraguan akan Tuhan

      Maybe there is a God above "mungkin... ada Tuhan diatas sana"

      Tuhan itu PASTI ADA dan bukan mungkin

      Kalimat your faith was strong but you needed a Proof "iman mu kuat tapi engkau membutuhkan bukti" iman kita tidak membutuhkan bukti apapun

      Dan lagu ini menyatakan Daud membuat lagu Haleluya 12X karena bingung, dengan begitu dia menghina Daud

      Dengan penjelasan pengarang lagu tersebut adalah aliran ZEN maka apa yg di isi dlm hidupnya maka pasti itu juga yg tertuang dalam hidupnya...

      Dan jelas, si pengarang lagu bahkan menghina TUHAN dengan berkata... pleased the Lord "menyenangkan hati Tuhan" bagaimana mungkin Tuhan disenangkan dengan perzinahan Daud??? Yg ada malah menghancurkan hati TUHAN

      Jadi tolong jangan naif... Firman Tuhan bilang ujilah segala sesuatu

      Hapus
    4. Jika saudara Etty Santoso adalah benar benar seorang penyembah, maka anda harus tahu apakah lagu itu lagu rohani atau bukan, anda sendirilah yang menilai

      Hapus
  17. Banyak seniman yg latar belakangnya suram, kelakuannya jelek, pecandu narkoba dll tp bisa menghasilkan karya yg bagus untuk dinikmati orang. Jadi lagu Hallelujah tidak ada hubungannya dengan latar belakang penciptanya. Lagu ini sebenarnya ingin menceritakan bahwa seorang yg taat akan Tuhan, sering berMazmur untuk Tuhan dan seirang raja juga tidak luput dari hawa nafsu. Sama halnya dengan samson juga tidak luput dari hawa nafsu. Trus timbul pertanyaan kenapa ada kata2 "hallelujah"? Menurut saya lagu ini bertujuan mengingatkan kita sebagai manusia agar bisa mengalahkan hawa nafsu kita. Hawa nafsu itu datangnya dari dalam diri/jiwa kita. Didalam diri/jiwa itu ada roh. Lagu2 rohani adalah lagu yg bisa menguatkan iman rohani kita. Jadi Leonard Cohen menciptakan lagu rohani tp yg liriknya bukan puji2an kepada Tuhan melainkan untuk mengingatkan kita harus lbh dekat jepada Tuhan agar kita tidak menuruti hawa nafsu sprt raja Daud dan Samson.
    GBU

    BalasHapus
  18. Good info... Follow www.mangandosetiawan.com

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas infonya....aku baru sj dengar lagunya..mantap

    BalasHapus
  20. Semuanya benar...
    Mbak etty santoso benar...
    Bro charliston panjaitan jg benar...
    Artinya kita mesti jg miliki kepekaan Roh dlm diri kita namun jg kadang Roh Kudus sering membawa kita msk kedalam pengalaman baru.

    Spt yg Roh Kudus katakan kpd Petrus di Kaisarea "apa yg dinyatakan Tuhan halal tdk boleh kau nyatakan haram" demikian hal tsb ditegaskan kpd Petrus smp 3 kali.. artinya Tuhan serius mengatakannya

    BalasHapus
  21. Pemahaman yg menyentuh, walau sulit dlm godaan kehidupan ini, selama ada nafsu, hati malaikat pun bisa jd setan. Baik pria maupun wanita sama saja.
    Tak ada cinta yg sejati kalau tidak sehati (1 utk 1).
    Terimakasih kawan

    BalasHapus
  22. Sekali aku mendengar lagu yg ini jadi ketagihan terus

    BalasHapus
  23. Sama Mas Agustinus, semua versi Hallelujah L.Cohen saya save di Hp...& tiap hari pasti denger...apalagi versi dari Jeffry Gutt (USA
    xfactor) wowwww kereeeeeennnnnn

    BalasHapus
  24. Luaaaaaarrrrrrr biasa!!!
    Lagu ini berhasil buat aku gak mau dengarin lagu lain,..
    Apa lagi kalau dibuat fersi rohani. Mantap min

    BalasHapus
  25. setuju... versi rohani... shg bisa dipakai dlm ritual gerejawi

    BalasHapus
  26. lagu nya menyentuh bangat ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice lyric and nice music..
      Mudah2an saya bisa meng cover karya leonard cohen dgn baik..
      @hanguitars

      Hapus
  27. kalau menurut pemahaman sy, lagu ini sebenarnya adalah sebuah curhatan seorang wanita (anggap sj yg menyanyikan lagu ini) soal pasangan hidupnya (yg dalam lagu disebut "you") yang tidak kuat menghadapi godaan dari wanita lain (yg dlm lagu disebut "she"). jadi sy kira lagu ini tidak ada maksd untuk melecehkan Daud atau bahkan Tuhan.
    Dibait pertama digambarkan bahwa si "you" sedang bersenandung, sama seperti saat Daud memuji Tuhan dan yang dilakukan Daud menyenangkan hati Tuhan, TETAPI... si "you" melakukan itu tp tidak peduli dengan tujuannya menyenangkan Tuhan atau tidak, dan kluar sindiran "baffled king" untuk si you
    Dibait kedua itu adalah juga sebuah sindiran kepada "you", diceritakn bahwa si "you" melakukan kesalahan yg sama seperti yg dilakukan Daud, yaitu tergoda dengan wanita lain disaat "you" sdh punya pasangan. Akhirnya si "you" tidak berdaya seperti Samson yg telah dipotong rambutnya dan akhirnya jatuh hati ke wanita lain.
    Dibait ketiga, pada 3 baris pertama, menurut pemhamn saya bahwa sebenarny si wanita ini memberikan penegasan (lewat kata "maybe") bahwa dia pernah mengalami hal serupa sebelum mengenal "you", jd bisa dikatakan bahwa dimasa lalunya dia pernah punya pasangan dan pasangannya pergi, sampai si "you" ini datang (dijelaskn pd 3 baris selanjutny)
    Dibait ke empat (3 baris pertama) si wanita bercerita bahwa si "you" awalnya selalu berterus terang/selalu terbuka soal apapun, tp sekarang si "you" menjadi tertutup. Dan pada 3 baris selanjutnya, si wanita bercerita soal saat dia move on dr masa lalunya dan menerima si "you" dan berkata bahwa masa lalu si wanita yg gelap akan ikut ke dlm kehidupan mereka selanjutny, dan mereka berdua mengamini, mengiklaskan dengan berkata "Halelluya"
    Dibait ke 5, disini kata "maybe", menurut sy bukan sebuah arti "meragukan keberadaan Tuhan ada atau tidak", tp itu adalah sebuah penegasan bahwa Tuhan ada diatas (seperti halnya kata "maybe" dibait ke 3). Jadi di 3 baris pertama ini si wanita bercerita tentang "kasih" yg telah dipelajari untuk "menghadapi" masalah yg sedang dia alami saat ini. Di 3 bait terakhir dijelaskan, bahwa ini semua bukan soal tangisan atau seorang yg melihat titik terang, tp ini semua adalah tentang "broken halelluya"

    #ini pandangan saya soal lagu ini
    #beda persepsi boleh

    BalasHapus
  28. Ya jaman ini mmg banyak sudah org rohani yg duniawi. Iblis semakin menjadi jadi menyesatkan manusia dg menyerupai malaikat bahkan menyerupai allah.

    BalasHapus
  29. Melihat komentar2nya... Sepertinya belum mengenal Leonard Cohen selain dari lagu hallelujah ini... Hahaha...

    Saya malah cover versionnya pun hampir lengkap... 😂😂

    BalasHapus
  30. Dari kalimat she drew hallelujah on your lips aja itu sudah sah lagu ini sangat menjijikkan dan tidak pantas di nyanyikan dalam level lagu rohani. Biarkan lagu ini jd lagu dunia saja. Jujur sy pun baru dengar lagu ini betul2 satu jam yg lalu. Dulu pernah dengar, tapi sy dulu muslim dan tidak terlalu peduli dg teksnya karena sy pikir ini lagu grreja. Tapi begitu td lihat2 lagu di youtube lalu dengar lagu hallelujah yg sy pikir lagu penyembahan dan mendengar ada lirik yg aneh jika di kaitkan dg kerohanian, sy langsung search lirik lengkapnya. Dan tidak perlu analisis cucokologi dsb; lagu ini jelas bukan untuk Tuhan.

    BalasHapus
  31. Keren... Dan menyadarkan saya atas kelemahan iman saya kepada Tuhan.

    BalasHapus