Minggu, 19 Februari 2012

Indonesia Banget, Truly Indonesia

Apa yang  menjadi identitas Indonesia ? Apa saja yang ‘sesuatu banget’ yang unik dan khas sehingga akan selalu dilekatkan pada Indonesia ? 

Apakah Indonesia itu hanya dikenal sebagai pengekspor tenaga kerja dengan skill rendah (maaf tidak bermaksud menafikan kontribusi para TKI dan TKW yang telah menjadi pahlawan devisa)? Apakah Indonesia hanya dikenal dengan perilaku yang kacau balau, semrawut, mudah ribut dan ngamuk? Indonesia itu identik dengan korupsi ? Jawabnya jelas banget OOOOH….TIDAK !!!

Indonesia is still my beautiful country. Meskipun kekacauan sosial, politik dan ekonomi mendera Negara ini tak putus-putusnya, sehingga terkadang suka bikin gemes, geregetan dan jengkel setengah mati, namun semua itu tidak dapat mengurangi rasa cinta saya pada Indonesia. Indonesia memang mempunyai banyak kelemahan, tapi bagaimana pun masih terdapat banyak hal yang bisa ditemukan di Indonesia yang menjadi sumber kekaguman yang tidak ada habisnya : keindahan dan kekayaan alamnya, keunikan etnis yang tinggal di dalamnya, keramahan dan selera humornya, keragaman budayanya, sense of art-nya,  dan masih banyak lagi. Pokoknya , Indonesia I love you full !!!

Ya, budaya adalah kekayaan tak ternilai Indonesia. Tidak ada Negara yang bisa menandingi keragaman dan keunikan budaya beragam suku bangsa yang tersebar di wilayah georafis Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Coba bayangkan berapa banyak jumlah bahasa daerah di Indonesia ? Berapa jumlah etnis atau suku bangsa yang diam di dalamnya? Berapa banyak  tarian, lagu, alat musik, dan baju adat daerah di Indonesia ? Berapa tradisi atau ritual adat yang diwariskan turun temurun oleh berbagai etnis tersebut?  Sayangnya kekayaan ini belum mampu diolah menjadi sumber kekuatan dan jati diri bangsa, justru yang terjadi kita lebih berkiblat pada budaya milik bangsa lain dan menelantarkan nilai-nilai kekayaan budaya ‘indigenous’ Indonesia.  Kita cenderung memandang rendah dan primitive  budaya kita sendiri dan mengunggulkan budaya bangsa lain yang kita pandang lebih modern, beradab dan bermartabat. 

Selama ini kita terbius oleh gaya hidup modern dan perilaku kita lebih dikontrol oleh  standard nilai budaya bangsa lain. Kita selama ini telah mengabaikan kelestarian seni budaya warisan nenek moyang kita.  Bahkan tidak hanya menyia-nyiakan, tapi mungkin ada yang memandang rendah dan beranggapan tidak perlu lagi untuk diwariskan ke generasi muda Indonesia.

Untuk itu ada baiknya kalau kita menengok sejenak untuk mengenali kembali keindonesiaan kita. Apa-apa saja yang  merepresentasikan identitas Indonesia?  Budaya yang  unik dan identik dengan Indonesia. Budaya yang bisa kita klaim sebagai “Indonesia banget”. Saat kita jauh mengembara di belahan bumi lain, apabila ditanya apa ciri khas Indonesia, dengan bangga kita akan menjawab : tari Saman, tari Jaipong, tari Gambyong, tari Bali, batik, wayang, keris, patung Asmat, Borobudur, dan masih banyak lagi. Ini semua tidak mungkin akan diakui sebagai karya budaya Negara lain selain Indonesia, soalnya ya itu tadi sangat sangat Indonesia buuanget. Tentu saja sungguh menggelikan  kalau tari Jaipong atau tari Saman diaku sebagai seni budayanya orang Pilipina, atau tari Gambyong dan punakawan wayang diaku sebagai seni tradisi Negara Malaysia. 

Ingin lihat yang sesuatu banget, pokoknya Indonesia buuanget ? Ini dia :

    Gambar : menteridesainindonesia.blogspot.com

ovostagephotography.blogspot.com

tari gambyong-wasrindaka.blogspot.com

Yang unik dan Indonesia banget juga bisa dijumpai di Solo Wayang Carnaval 2012 yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 18 Februari. Dan ini wajah-wajah penuh ekspresi keceriaan dan kegembiraan para warga Kota Solo di event Solo Wayang Carnaval 2012.
Foto : Jojo (koleksi pribadi)
Foto : Jojo (koleksi pribadi)

Foto : Jojo (koleksi pribadi)

Kalau yang ini kostum kebaya badut ala  anak muda Kota Solo.  Lihat ekspresi wajah  dan gaya mereka yang lucu dan kostum kebaya  jadul yang sudah langka kita temukan dikenakan ibu-ibu Jawa saat ini. Woow sungguh nostalgia banget.

Foto : Jojo (koleksi pribadi) 

Kalau ini wajah-wajah manis khas putri Solo yang memang terkenal cantik, anggun dan luwes.

Foto : Jojo (koleksi pribadi)

Melihat foto-foto ini siapa yang tidak jatuh cinta pada Indonesia, ini Jowo dan Solo banget. Ayo daerah-daerah lain tunjukkan keunikanmu dan kita tunjukkan pada dunia ini lho kekayaan budaya Indonesia ...inilah Truly Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar