Minggu, 18 September 2011

Superwoman : Tentang Perempuan dan Kerja

Superwoman merupakan salah satu lagu dari album penyanyi R&B Amerika Alicia Keys  yang berjudul As I Am yang dirilis tahun 2008. Lagu ini bicara tentang the power of women…khususnya kekuatan seorang ibu rumah tangga. Videoklip ini dengan gamblang (tegas dan nyata) melukiskan peran ganda perempuan – sebagai ibu yang bertanggungjawab pada urusan rumah tangga, urusan pendidikan, perawatan dan tumbuh kembang anak-anaknya dan sekaligus di dunia kerja sebagai perempuan yang mempunyai kekuatan, kekuasaan, potensi dan kapabilitas yang tidak kalah dengan kaum pria.
Meskipun di dunia kerja perempuan terkadang masih diragukan kemampuannya karena keterbatasan-keterbatasannya, namun toh dengan segala hambatan itu perempuan masih bisa menunjukkan prestasi kerja yang mengagumkan. Lirik lagu ini mengajak kaum perempuan di berbagai belahan dunia dan  dengan latar belakang profesi dan status sosial ekonomi berbeda-beda untuk tetap tegar dan menunjukkan kekuatannya. Segala tekanan, hambatan dan keterbatasan, tidak merintangi perempuan untuk memberikan karya terbaik.
Superwoman cocok untuk menyebut para perempuan perkasa yang berprestasi gemilang di bidang-bidang kerja yang maskulin - di dunia politik ada Hillary Clinton, Sri Mulyani atau Angela Merkel , di bidang-bidang kerja yang menuntut kekuatan fisik ada banyak atlit perempuan yang berprestasi gemilang atau di dunia militer ada banyak jendral dan prajurit perempuan. Saat ini bidang kerja apa yang tidak bisa dimasuki perempuan. Memang peluang dan kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan potensinya semakin terbuka, namun untuk bisa memanfaatkan peluang itu guna meraih apa yang sesungguhnya  diinginkan perempuan tidaklah mudah. Ada hambatan-hambatan yang tidak nyata terlihat tapi bisa sebagai sandungan bagi perempuan untuk mewujudkan impiannya. Nilai dan norma yang bersumber dari aturan formal kelembagaan maupun aturan nonformal seperti nilai sosial budaya dan agama dalam suatu masyarakat akan menentukan apakah seorang perempuan bisa meraih posisi strategis di puncak struktur  kepemimpinan sector formal. Persaingan untuk menuju puncak karier di sector formal di  kalangan laki-laki saja sudah sedemikian keras dan kejam, tentunya masuknya perempuan sama saja  memberi kesempatan pada masuknya kompetitor baru yang membuat persaingan menjadi semakin ketat. Nilai-nilai sosial budaya yang bersumber pada norma patriarkis menjadi senjata ampuh untuk menjegal perempuan-perempuan super untuk berkiprah di sector formal .
Namun, tidak bisa berkiprah di sector formal tidak mengurangi potensi perempuan sebagai seorang superwoman. Di sector informal dimana akses untuk masuk ke dalamnya relatif terbuka,  perempuan bisa leluasa mengembangkan kapasitasnya. Usaha-usaha ekonomi kecil banyak yang dikuasai para perempuan. Sekarang ini dengan mudah kita menemukan para perempuan perkasa di antara buruh bangunan , perempuan yang berjalan kaki berkilo-kilo meter untuk mencari air, memecah batu atau gamping, atau para buruh gendong di pasar-pasar tradisional.
Superwoman ternyata tidak hanya ditemukan di antara perempuan yang berotak cerdas dan mampu menembus posisi puncak di organisasi formal. Superwoman pantas disematkan di dada para perempuan yang berjuang keras untuk bertahan hidup : memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan bekerja keras demi merawat anak dan keluarga.
Menjadi ibu rumah tangga, menjalankan peran domestik dan sekaligus berperan penting di dunia kerja : formal maupun informal. Karena itulah perempuan memang pantas disebut sebagai Superwoman. dan lagu Alicia Keys ini seakan mengajak :
Hai perempuan seluruh dunia tunjukkan kalau kamu kuat.
Cause I am a Superwoman....Yes I am, Yes she is
Gambar : windawulandari.wordpress.com

Dan ini LIRIK SELENGKAPNYA

Ini versi Nowela kontestan Indonesian Idol 2014 yang luar biasa , nggak percaya ? Buktikan ini : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar